Tas Belanja IDR 0 (0 items)

Kutu Rambut

 

 

Kutu (pedikulosis) selalu memberikan bayangan yang mengerikan bagi sebagian besar orang. Tapi, kutu merupakan kasus yang sangat umum terjadi. Sebagian anak-anak di jaman ini, dibiarkan bergaul di tempat penitipan anak dan di daftarkan untuk sekolah lebih awal tanpa memiliki kutu di kepalanya, setidaknya satu, dan banyak anak memiliki kutu lebih banyak lagi.

Hal penting lainnya untuk diingat adalah bahwa kutu  tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius - yang terburuk akibat memiliki kutu adalah menyebabkan kulit kepala gatal dan iritasi. Bagaimanapun, kutu bisa sangat membuat tidak nyaman, jadi periksalah rambut anak Anda secara teratur untuk pencegahan lebih awal kalau-kalau ada kutu di rambut anak Anda, dan atasi kutu dengan segera sebelum banyak merundungi rambut anak Anda yang membuat pembersihan kutu di rambut menjadi lebih sulit.

 

Apa itu kutu?

Kutu adalah serangga kecil - berukuran seperti biji wijen - yang hidup di atas kepala manusia dan memakan darah. Kutu memiliki warna tubuh yang merah kecoklatan dan memiliki kaki yang pendek, dan cakar yang membantu mereka berpegangan erat pada poros rambut. Kutu di kepala orang dewasa hidup selama sekitar 30 hari, dan kutu betina dapat menyimpan telurnya hingga 100 butir. Telur tersebut orang-orang biasanya menyebutnya dengan ' lisa’ (telur kutu) - kecil, berwarna pucat, berbentuk oval yang sangat melekat erat pada batang rambut. Lisa membutuhkan waktu sekitar 7 hari untuk menetas dan lebih dari tujuh hari untuk lisa betina yang menetas untuk menjadi dewasa. Kutu tidak bisa terbang, melompat, meloncat, atau berenang.

 

Apa yang harus saya lakukan jika salah satu keluarga saya atau saya sendiri memiliki kutu?

Jangan panik jika Anda menemukan kutu kepala di antara keluarga Anda. Kutu adalah bagian normal dari kehidupan keluarga dan, meskipun mungkin kutu-kutu itu tampak menjijikkan, mereka sebenarnya tidak berbahaya.

Ada beberapa losion kimia untuk membunuh kutu kepala. Masing-masing berisi salah satu bahan kimia seperti berikut - carbaryl, malathion, phenothrin atau permetrin. Untuk mencegah kutu melawan terhadap pengobatan ini, putar produk pembersih tersebutdi wilayah yang sangat gatal untuk menghindari kutu membangun resistensi mereka. Jika Anda ingin menggunakan salah satu losion tersebut, mintalah kepada seorang ahli kesehatan untuk produk yang direkomendasikan di wilayah Anda. Ikuti instruksi dengan sangat teliti. Gunakan obat ini hanya untuk mereka yang telah terserang kutu. Meskipun produsen mengklaim bahwa solusi tersebut 100% efektif, mereka kadang-kadang mungkin gagal untuk menghilangkan semua kutu dan Anda akan harus mengulangi prosedur tersebut atau mencoba produk penghilang kutu yang lain.

Beberapa orang tidak suka menggunakan bahan kimia untuk sejumlah alasan karena mereka berpikir bahwa bahan kimia mungkin berbahaya, terutama untuk anak-anak, karena obat-obatan tersebut memiliki kadar kimia yang tinggi. The National Pediculosis Association percaya bahwa penggunaan bahan kimi yang berulang-ulang untuk menghilangkan kutu bisa  berkaitan dengan adanya masalah perilaku, kejang-kejang atau serangan mendadak dan beberapa penyakit kulit. Sebuah bahan kimia yang disebut lindane dianggap sangat bermasalah. Namun, bahan kimia ini tidak digunakan dalam  produk yang tersedia di negara ini.

Anda tidak harus menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan kutu. Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan untuk menyisir secara menyeluruh dengan sisir deteksi bukan dengan losion, terutama bagi mereka yang telah menggunakan losion sebelumnya. Metode ini bisa memakan waktu lebih lama, tetapi sangat efektif dan benar-benar aman untuk semua orang. Jika Anda memilih metode ini, ikuti petunjuk berikut untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  • Cuci rambut anak Anda, keringkan dengan handuk dan beri kondisioner pada rambutnya.
  • Sisir rambut secara menyeluruh – lakukan pada setiap bagian setidaknya tiga kali dan setidaknya setiap 3 hari sekali. Hal ini akan merusak siklus peletakan telur kutu dan penetasannya. Kondisioner ini membantu untuk menyisir dengan lebih mudah dan untuk menghilangkan telur kutu.
  • Setelah menyisir di setiap bagian rambut, bersihkan sisir yang dipakai tersebut.
  • Bunuh kutu ketika Anda menemukannya sehingga kutu-kutut tersebut tidak dapat merangkak ke rambut orang lain. Memitas kutu dengan jempol Anda adalah tindakan yang sangat bagus dan memuaskan!
  • Jika anak Anda tidak suka menyisir, cobalah biarkan mereka menonton video sambil Anda menyisir rambut anak Anda atau berikan mereka pujian dan hadiah saat Anda selesai menyisir rambut anak Anda.
  • Lanjutkan menyisir selama minimal 2 minggu karena ini akan memberi Anda waktu untuk mengambil kutu baru yang mungkin menetas sejak Anda memulai proses pembersihan kutu rambut ini.
  • Setelah Anda menyisir rambut secara menyeluruh dan tidak menemukan kutu pada rambut anak Anda setidaknya 3 kali, Anda dapat mengasumsikan bahwa kutu-kutu sudah hilang.
  • Periksa rambut setiap minggu setelah Anda sudah menyingkirkan kutu-kutu dirambut. Hal ini akan membantu untuk mendeteksi masalah dini yang akan membuat pengobatan jadi lebih mudah.

 

Apa lagi yang harus saya lakukan?

Selain menyingkirkan kutu dari orang-orang yang terinfeksi, Anda juga harus mencuci sisir, handuk dan sprei untuk memastikan Anda tidak kembali terinfeksi. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memberitahu sekolah anak Anda atau tempat penitipan anak, sehingga semua anak dapat diperiksa kalau-kalau mereka terinfeksi.Pada akhirnya, cobalah untuk periksa anak-anak Anda dan rambut Anda sendiri setiap minggu dengan menggunakan sisir pendeteksi kutu. Ingat, ketika tertangkap lebih awal, kutu akan lebih mudah untuk dihilangkan karena hanya ada sedikit kutu-kutu yang ada di kepala. Namun, begitu kutu-kutu tersebut telah berkembang menjadi banyak, akan sangat lebih sulit lagi untuk menghilangkannya.

Ingat, kutu bukan masalah serius dan dapat dengan mudah ditangani, terutama jika Anda menangkap kutu-kutu tersebut dengan cepat. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan dokter umum, perawat yang praktek, petugas kesehatan atau apoteker untuk meminta saran mereka.