Tas Belanja IDR 0 (0 items)

Tes dan scan kehamilan

 


 

Sepanjang kehamilan Anda, Anda akan ditawarkan sejumlah tes dan scan untuk memastikan Anda dan bayi Anda berjalan dengan baik.

 

Scan dengan ultrasound

Menggunakan ultrasound, sebuah scan menciptakan sebuah gambar bayi yang belum lahir. Anda akan ditawarkan setidaknya satu scan selama kehamilan Anda, tetapi dapat ditawarkan lagi. Scan meliputi:

  • Scan awal, dilakukan pada 6-10 minggu. Hal ini dapat mendeteksi detak jantung atau kehamilan ektopik. Hal ini juga dapat ditawarkan kepada wanita yang mengalami pendarahan pada vagina atau telah mengalami keguguran.
  • Scan nuchal translucency digunakan untuk mengukur risiko Anda memiliki bayi dengan down sindrom. Ini dilakukan pada minggu ke 11-13 namun hanya tersedia pada NHS di bagian-bagian tertentu di tiap negara. Biayanya sekitar £ 150-200 secara pribadi.
  • Scan penanggalan ditawarkan dimanapun antara 10-16 minggu kehamilan untuk memberikan wanita yang tidak yakin dengan ketegasan tanggal mereka, dan untuk melihat adanya bayi lebih dari satu.
  • Scan anomali umumnya ditawarkan antara 18-23 minggu usia kehamilan. Ini adalah scan untuk Anda yang kemungkinan besar akan terima. Ini melihat pada jantung bayi, otak, ginjal, tulang belakang dan hati dan posisi bayi. Scan ini juga dapat mendeteksi celah langit-langit dan tanda-tanda yang mungkin menunjukkan adanya risiko down sindrom.

 

Apa yang terjadi selama melakukan scan?

Bagi banyak wanita dan pasangannya, scan adalah hal yang meyakinkan dan untuk menyorot kehamilan karena mereka ‘menemui’ bayi mereka untuk pertama kalinya.

Anda mungkin harus minum banyak air sebelum scan, untuk mengisi kandung kemih (yang terletak di depan rahim Anda) untuk meningkatkan kualitas gambar. Kemudian Anda berbaring dan jelly dioleskan di atas perut Anda. Operator pemindaian menggelindingkan transducer tanpa rasa sakit diatas perut Anda, melihat dengan hati-hati pada layar di mana Anda akan melihat sebuah gambar hitam dan putih dari bayi Anda dan operator dapat memeriksa bahwa semuanya berjalan dengan baik. Anda bahkan mungkin dapat membawa pulang gambarnya.

Jika scan Anda memperlihatkan masalah, Anda akan dirujuk ke spesialis untuk bantuan lebih lanjut.

 

Test resiko

Tes ini memberitahu Anda jika Anda memiliki resiko yang tinggi atau rendah untuk memiliki bayi dengan kondisi tertentu, seperti down sindrom. Jika hasil tes menunjukkan Anda berisiko tinggi, atau jika Anda ingin tahu pasti, Anda dapat memutuskan untuk melakukan tes diagnostik.

  • Scan nuchal translucency, dilakukan pada 11-13 minggu, menilai jika seorang wanita memiliki risiko tinggi atau rendah memiliki bayi dengan down sindrom. Tes ini mengukur jumlah cairan di belakang leher bayi - bayi dengan downsindrom memiliki lebih banyak cairan ini. Pengukuran ini, dikombinasikan dengan usia ibu, dianalisis untuk memberikan seorang wanita risiko individunya memiliki bayi dengan downsindrom. Tes ini hanya 75% akurat sehingga wanita dengan risiko tinggi mungkin disarankan untuk menjalani tes diagnostik. Scan nuchae dikombinasikan dengan tes darah khusus yang lebih akurat, tetapi umumnya tidak tersedia di NHS.
  • Tes double/triple/quadruple adalah tes darah yang dilakukan antara 16 dan 18 minggu yang mencari 'penanda' tertentu dalam darah Anda untuk memperkirakan risiko memiliki bayi dengan downsindrom dan kondisi lainnya. Lebih banyak scan penanda yang Anda lakukan, lebih akurat pula tes tersebut, meskipun tidak bisa memberitahu Anda dengan pasti apakah bayi Anda memiliki kondisi downsindrom, dan hanya memberikan perkiraan risiko.
  • Tes obat kumur, ditawarkan kepada orang yang memiliki cystic fibrosis atau memiliki kerabat dengan penyakit ini, tanpa rasa sakit mendeteksi apakah Anda seorang pembawa atau bukan. Jika Anda atau pasangan Anda adalah pembawa, Anda akan ditawarkan konseling genetik untuk mempelajari kemungkinan memiliki bayi dengan kondisi tersebut.

 

tes diagnostik

Tes diagnostik memberitahu Anda dengan pasti apakah bayi Anda memiliki kondisi tertentu seperti down sindrom. Namun, tes ini membawa sedikit risiko keguguran sehingga hanya sering ditawarkan kepada wanita yang scan atau tes darahnya menunjukkan mereka memiliki resiko tinggi atau yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tertentu.

  • CVS (Chorionic Villus Sampling) dilakukan pada 11-13 minggu. Menggunakan jarum berongga tipis melewati baik perut hamil atau vagina, dokter mengambil beberapa sel dari plasenta. Tes ini mendeteksi kondisi seperti down sindrom dan kelainan genetik tertentu. Keuntungan dari CVS adalah bahwa Anda akan mendapatkan hasil pada tahap awal kehamilan Anda sehingga dapat membuat keputusan tentang apa yang Anda ingin lakukan sejak dini. Kelemahannya adalah bahwa tes ini tidak tersedia di mana-mana dan memiliki sedikit tingkat keguguran yang lebih tinggi daripada amniosentesis. (2% dibanding 1%).
  • Amniosentesis dilakukan setelah 16 minggu kehamilan dan dapat mendeteksi downsindrom, kelainan genetik tertentu dan spina bifida. Sebuah jarum dimasukkan ke dalam rahim untuk menarik cairan ketuban untuk dites. USG biasanya digunakan untuk membantu memandu dokter.

 

Tes atau tidak tes?

Terserah kepada Anda apakah akan melakukan salah satu dari tes ini dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan apa yang akan Anda lakukan jika Anda menemukan bayi Anda punya masalah seperti cacat atau gangguan genetik.

Jika Anda akan mempertimbangkan penghentian atau ingin menjadi sepenuhnya siap, maka Anda mungkin ingin melakukan tes diagnostik. Jika tidak, Anda mungkin memutuskan untuk menolak - atau bahkan setiap tes kehamilan sama sekali.

Ini adalah keputusan Anda, tetapi Anda harus bisa mendapatkan bantuan dan dukungan dari tim medis Anda dan dari badan amal seperti Antenatal Results and Choices (www.arc-uk.org, 020-7631 0285). Jika Anda tahu bahwa bayi Anda dengan downsindrom dan merencanakan untuk melanjuntkan kehamilan Anda, bicaralah dengan Down Syndrome Association (www.downs-syndrome.org.uk, 0845 230 0372).